Monday, February 1, 2016

Membuat Android Support USB OTG Dengan Mudah

Di kesempatan kali ini kami Team AndroID akan share tentang bagaimana caranya Android yang sebelumnya tidak support OTG menjadi support OTG.

Sudah banyak smartphone Android yang support dengan USB OTG, namun sebagian besar hanya untuk yang high class saja. Hal ini sangat wajar, semakin mahal harga smartphone semakin besar pula speknya, begitu juga fitur yang dibawa sudah pasti banyak dan canggih. Namun bagi pengguna Android menengah kebawah tidak perlu berkecil hati, karena ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini.

Membuat Android yang tidak suport OTG menjadi support itu sangat mudah, tetapi ada syarat wajibnya, yaitu Android harus sudah dalam keadaan di ROOT. Ada beberapa cara supaya Android dapat membaca isi flashdisk yang ditancapkan melalui USB OTG, diantaranya yaitu:

  • Dengan meng-CustomROM Android ke ROM yang support OTG.
  • Menggunakan kabel Otg yang bercabang dua, dengan menjamper ke charger/power bank agar terkoneksi, cara ini sedikit ribet (tanpa root juga bisa).
  • Menggunakan aplikasi pendukung, tetapi akan berjalan jika Kernel Android Mendukung,

Sedangkan cara yang akan Saya share disini menggunakan aplikasi pendukung, namun ada sedikit tips yang harus diperhatikan.

  1. Install aplikasi USB OTG Helper di Android. DOWNLOAD
  2. Pasangkan kabel Usb Otg yang sudah tersambung ke flashdisk kemudian buka Root explorer. Cari file yang bernama usbid_init.sh untuk mengaktifkan OTG mode, lokasinya di root/system/bin/disini.
  3. Klik file usbid_init.sh tersebut kemudian pilih "Execute". Nanti muncul notifikasi Usb Otg Helper, klik OK dan akan dibawa masuk ke aplikasinya. Pilih "Mount" untuk memulai koneksi dan "Unmount" untuk memutuskan.
  4. Setelah Anda pilih "Mount" bisa terlihat pada status bar muncul icon aplikasi tersebut. Disini Android sudah tersambung dengan flasdisk. Silahkan buka file manager dan akan terdapat folder baru bernama "UsbOtgDrives", yang merupakan tempat semua file dari flasdisk yang tersambung.

PERHATIAN : Setelah selesai menggunakan Usb Otg, smartphone tidak bisa di charge. Solusinya yaitu dengan reboot/restart akan kembali normal. 

Membuat Android Support USB OTG Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ghalang Mega Juang

2 comments:

Categories

Popular Posts